Langsung ke konten utama

Daur Ulang Oli Bekas, Mungkinkah?


Apakah anda mempunyai mobil atau motor atau mesin yang menggunakan oli mesin. Apa yang Anda lakukan dengan oli bekas? Memang umumnya kita (seperti saya juga) tidak pernah tahu oli bekas kendaraan kita dibuang kemana, karena umumnya kita ganti oli dibengkel. Saya pernah melihat ada mobil bak dengan drum-drum oli yang berjalan dari bengkel ke bengkel untuk mengambil oli bekas ini.

Tapi kadang-kadang ada orang yang sering menggunakan oli bekas ini untuk melumasi rantai motor, ada juga untuk disiramkan ke tanaman supaya tanaman tersebut mati total, ada juga yang dibuang di selokan. Tindakan ini sebenarnya tidak bijaksana, karena membuang oli ke tanah akan bisa merusak tanah dan kemungkinan besar akan mencemari air tanah di sekitarnya. Kita semua tahu oli adalah barang yang sangat beracun jika masuk ke dalam tubuh manusia, jadi apa jadinya jika kita buang oli ke selokan atau aliran air lainnya, sedangkan seperti di Jakarta, air PAM diperoleh dari air sungai.

Teknologi Daur Ulang Oli

Saat ini di negara maju sudah ada daur ulang oli bekas menjadi oli yang bisa digunakan kembali, dan tentunya bisa didaur ulang secara terus menerus. Oli bekas akan melewati proses penyulingan yang sama seperti minyak yang diekstrak dari sumur pengeboran di tambang minyak. Oli mesin baru yang terbuat dari oli daur ulang memenuhi standar industri yang digunakan dalam industri minyak pelumas ini.

Hebatnya lagi menurut American Petroleum Institute, minyak/oli yang telah disuling ulang dengan kualitas tinggi, dapat menghasilkan Virgin Oil, seperti coconut oil yang pernah booming di Indonesia.
Informasi dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (USA Environmental Protection Agency) menyatakan bahwa memperbaiki kembali minyak yang digunakan hanya membutuhkan sekitar sepertiga energi penyulingan minyak mentah untuk kualitas pelumas.

Jadi kita sekarang bisa tahu betapa penting kita mengelola oli mesin bekas supaya tidak dibuang ditempat sembarangan dan sebisa mungkin bisa didaur ulang oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Dengan begitu dengan daur ulang oli mesin bekas setidaknya akan mengurangi kebutuhan akan minyak mentah dunia yang meningkat sehingga akan berdampak baik juga bagi lingkungan kita.

Sumber bacaan disini

Komentar

  1. Proses pengolahan oli bekas ada di youtube. https://www.youtube.com/watch?v=uBdV5aKXEXE

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indomaret Gunakan Plastik Daur Ulang

Indomaret adalah ritel besar yang masuk ke pelosok daerah. Banyak gerai yang berdiri di daerah pemukiman penduduk. Sehingga kedekatan indomaret dengan masyarakat sangat intim, dengan harga yang tidak beda dengan ritel raksasa sepertinya masyarakat banyak belanja di Indomaret. Saat ini saya melihat plastik belanja yang saya terima di salah satu Indomaret di Jakarta selatan sedikit beda. Sekarang ada gambar pohon, dan tertulis "Tas Ramah Lingkungan, menjaga kelestarian Alam". Dibawahnya terdapat tulisan yang jelas " Tas ini dapat hancur dengan sendirinya". Kalau banar Indomaret sudah berusaha untuk ikut melestarikan lingkungan. Semoga langkah ini diikuti dengan pusat belanja lainnya.

Keuntungan Menggunakan Pupuk Organik

Pertanian modern sering kali tergantung pada penggunaan pupuk kimia untuk meningkatkan hasil tanaman. Namun, semakin banyak petani dan penghobi kebun yang beralih ke pupuk organik karena berbagai alasan. Pupuk organik menawarkan sejumlah keuntungan bagi tanaman, tanah, dan lingkungan secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa manfaat utama menggunakan pupuk organik Menyediakan Nutrisi Secara Alami Pupuk organik diperoleh dari bahan-bahan alami seperti kompos, pupuk kandang, dan sisa tanaman. Ini berarti tanaman menerima nutrisi dari sumber-sumber organik yang mengandung unsur hara esensial seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Nutrisi yang diberikan dalam bentuk alami ini lebih mudah diserap oleh tanaman, yang pada gilirannya meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas. Meningkatkan Struktur Tanah   Pupuk organik membantu meningkatkan struktur tanah dengan meningkatkan kandungan bahan organik. Tanah yang kaya akan bahan organik lebih mampu menyimpan air,